03 April, 2017

Keramik Lantai

Popping! Retak! Nat Hilang!

Keramik Lantai merupakan hasil akhir lantai paling populer di Indonesia.  Ada banyak jenis keramik tersedia dengan kualitas yang baik. Namun banyak kegagalan berasal karena metode aplikasi yang salah. 





Aplikasi Keramik Baik dan Tahan Lama

Keramik diatas Beton

Hasil aplikasi terbaik setelah pekerjaan lantai beton selesai dengan hasil yang rata yaitu pemasangan keramik menggunakan “Lem Keramik Mortar”.  Metode ini lebih mahal dari biasanya akan tetapi keramik tidak mudah untuk lepas. Apabila permukaan beton tidak rata sebaiknya aplikasikan lagi adukan  tipis sebelum aplikasi keramik.  Metode ini bisa juga menggunakan produk  campuran semen - pasir ( 1 : 3 ) ditambah aditif pembantu semen untuk membantu merekatkan pada beton. 

Lem keramik diaplikasikan dengan ketebalan 3-5 mm dengan roskam trowel. Keramik dapat langsung direkatkan diatas lem keramik tanpa harus diolesi terlebih dahulu belakang keramiknya dengan adukan. Setelah itu dengan di pukul perlahan menggunakan palu karet dan cek kerataannya menggunakan jidar aluminium atau kayu.

Keramik Langsung diatas lantai kerja/rabat beton


Adukan semen-pasir (1: 3) ditambahkan aditif "pembantu semen" untuk membantu merekatkannya diatas lantai beton. Setelah itu buat adukan semen-pasir (1-2) ditambahkan kembali aditif pembantu semen , adukan tersebut ditempelkan pada kondisi basah diatas screed  untuk memasang keramik, atau adukan tersebut bisa diaplikasikan terlebih dahulu di belakang keramik.

Keramik diatas lantai kerja / rabat beton langsung ke Tanah.

Metode ini lebih banyak resikonya karena tidak ada struktur beton yang mendukung keramik, jika tanahnya mengandung banyak lumpur keramik akan mudah bergerak apabila tanah kering dan basah lagi. Hal ini yang membuat keramik mudah lepas dan popping, untuk mengurangi lepas atau popping bisa menambahkan pasir atau batu kapur yang dipadatkan terlebih dahulu  dibawah lantai  kerja atau rabat beton beton,  setelah itu buat adukan semen-pasir (1-2) yang ditambahkan aditif pembantu semen , adukan tersebut ditempelkan pada kondisi basah diatas screed  untuk memasang keramik, atau adukan tersebut bisa diaplikasikan terlebih dahulu di belakang keramik.


Tahapan memasang keramik


  • Tentukan di mana ubin penuh akan dimulai. Entah tengah ruangan dengan ubin dipotong di sisi atau memilih salah satu sudut sebagai tempat terbaik untuk ubin penuh untuk memulai.
  • Periksa dinding 90 ° dengan metode sudut yang tepat 3-4-5.
  • Periksa lantai dengan waterpass
  • Pada kondisi basah atur mengalirnya air ke drainase
  • Aplikasikan waterproofing terlebih dahulu untuk kondisi area basah.
  • Gunakan tape/lakban untuk melindungi lemari dan pintu dari adukan semen atau grouting.
  • Aplikasi keramik
  • Jika keramiknya poros basahi terlebih dahulu sebelum diaplikasi
  • Keramik yang tidak poros/granite tidak perlu dilembabkan
  • Buat adukan lem keramik sesuai dengan perbandingannya
  • Kondisi basah atau diluar ruangan gunakan keramik khusus area basah
  • Aplikasikan keramik menggunakan roskam bergerigi
  • Keramik yang lebih lebar gunakan roskam yang lebih besar untuk adukan  lebih tebal
  • Mulai aplikasi dari keramik full terlebih dahulu setelah itu baru potongannya
  • gunakan palu karet dan kayu yang rata untuk meratakan keramik.
  • Gunakan plastik keramik spasi untuk mengatur jarak antar keramik
  • Jangan menggunakan spasi yang silang disudut karena akan sulit diambil
  • Buat jarak disudut kira-kira 5mm sepanjang dinding untuk muai susut dan jangan diisi adukan akan tetapi isi menggunakan sealent atau metal tipis apabila ada pergerakan dinding bagian ini akan mudah sekali retak 
  • Jangan di injak sebelum 24 jam.

Masalah  sering terjadi 

( Photo sebelah kiri )


  • Rabat beton diapalikasikan terlalu kering dan diatas beton yang berdebu, kekuatan ikatannya akan turun.
  • Tukang mengaplikasikan semen murni terlalu tipis memudahkan retak dan tidak mengikat pada rabat beton.
  • Memperbaiki keramik yang gagal dipasang diatas keramik yang baru diaplikasi.
  • Jangan menggunakan palu karet sampai keramik turun dibawah level.
  • Mengisi nat hanya menggunakan semen saja.

Tile Grout / Pengisi nat keramik


Fungsi dari pengisi nat adalah mengikuti pergerakan muai susut pemasangan keramik karena pergerakan dari bangunan.  Menggunakan semen murni terlalu kaku dan mudah retak. Menggunakan mortar tile grout yang terdiri dari semen,kapur dan aditif  akan membuat lebih flexibel dan mengikat lebih kuat ke keramik. 



Kondisi luar dan area basah harus menggunakan tile grout  yang tahan air,  lebar nat lebih dari 3mm harus menggunakan pasir halus untuk mencegah retak, jangan mengaplikasikan tile grout sebelum 24 jam setelah pemasangan keramik. Adukan mortar diaplikasikan menggunakan karet pastikan semua celah terisi,ketika setengah kering gunakan kain basah yang halus untuk membersihkan 
sisa-sisa adukan yang menempel pada keramik. 



Granit dan ubin yang lebih lebar biasanya menggunakan epoxy dan lebih tahan air. Aplikasi ini lebih sulit karena harus melapisi sisi ubin menggunakan lakban.

Kunci keberhasilan dalam pemasangan keramik

  • Mempunyai dasar yang baik untuk pemasangan keramik
  • Pemilihan keramik yang cocok
  • Rencanakan sambungan untuk potongan
  • Gunakan Lem keramik atau gunakan aditif pembantu semen untuk pasangan keramik
  • Jangan dilalui sebelum keramik dipasang dan diisi nat
  • Gunakan mortar nat keramik atau Aditif Semen

10 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  4. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di Indonesia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan sejak saat itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah berusaha beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya Saya sangat sedih. Pada hari yang penuh pengabdian ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian Ibu Annisa bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Rossa dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pinjaman Rossa dan seberapa benar pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Bunda Rossa dan setelah mengajukan permohonan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya Saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan Saya akan membantu memberikan kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi dan juga teman saya Annisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    BAGAIMANA CARA MENGENAI KREDIT PINJAMAN JAMINAN
    (a) Peminjam palsu tidak perlu meminta cagaran dan tidak ada laman web
    (b) Peminjam palsu tidak mempunyai sijil perniagaan
    (c) Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan anda yang membuat anda layak mendapat pinjaman
    (d) Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada dominan
    (e) Peminjam palsu tidak mempunyai alamat pejabat fizikal
    (f) Peminjam palsu meminta yuran pendaftaran dan bayaran trans
    Daftar sekarang
    DAFTAR SEKARANG: info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    laman web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp :::+447723553516
    bersaksi whatsApp..+6281617538564


    . Saya mendapat pinjaman sebanyak Rp3,6 miliar dengan kadar faedah pinjaman sebanyak 1% dari PINJAMAN AASIMAHA ADILA AHMED. Semoga Allah memberkati mereka. InsyaAllah, dengan setia
    teddylisa baik
    Pengerusi Eksekutif / PENGENALAN Pegawai, VENTURES HARTA TANA

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, nama saya Sarah Adia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada ALLAH yang telah mewujudkan impian saya, saya telah mencari pinjaman selama 2 tahun terakhir sekarang sampai teman saya yang namanya LILOW BELUM memperkenalkan saya kepada Anthony Yuliana Lenders pemberi pinjaman yang andal, di mana saya akhirnya mendapatkan pinjaman sebesar Rp350 juta, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum Anthony Yuliana Lenders mentransfer pinjaman sebesar Rp350 juta ke dalam akun saya, saya akan suka untuk menggunakan kesempatan ini untuk menasihati mereka yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena 70% dari pemberi pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata. jika Anda tertarik dengan pinjaman, saya ingin memberi nasihat bahwa Anda harus menghubungi pemberi pinjaman yang andal melalui email (anthony.yulianalenders@gmail.com) atau melalui BBM INVITE (E37F9BCC) atau melalui whatsapp +1 (323) 4026088, email saya untuk lebih lanjut informasi (sarahadia234@gmail.com)

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    email saya{jerryandi843@gmail.com}

    BalasHapus
  8. Nama saya Elang Endah Saya seorang wanita bisnis di Indonesia dan saya bepergian ke negara lain karena bisnis, saya beberapa waktu yang lalu saya memiliki kemunduran dalam bisnis saya karena seseorang yang saya percayai begitu banyak berbohong kepada saya dan mengambil banyak uang saya. modal dengan harapan mengirimi saya barang. Saya mulai mencari bantuan dan seorang teman memperkenalkan saya ke Arab Credit Group Beberapa bulan yang lalu, saya takut karena cerita yang saya dengar tentang pinjaman online sebelumnya, tetapi saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mencobanya, setelah menyelesaikan semua persyaratan yang saya miliki. pinjaman sebesar 700jt telah ditransfer kepada saya dan hari ini saya sepenuhnya kembali ke bisnis, jika Anda memiliki tantangan keuangan atau Anda mencari modal untuk memulai bisnis Anda sendiri di sini adalah kesempatan Anda, jika mereka dapat membantu saya tahu mereka akan membantu Anda juga . hubungi Arab Credit Group hari ini dan Anda akan senang melakukannya.
    Detail saya
    nama: Elang Endah
    email: elangendah7@gmail.com

    hubungi Arab Credit Group menggunakan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
     Email: Arabcreditgroup@gmail.com

    BalasHapus
  9. nama saya Julia Simon, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya membutuhkan modal besar $ 200.000,00. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam proses itu saya kehilangan putra saya. Saya tidak tahan lagi dengan hal ini. pada Januari 2017, teman saya memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. Augusta Ibramhim, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjaman tempat dia bekerja. Ibu yang baik, Augusta Ibramhim, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan melanjutkan untuk memberkatimu. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia bahwa ada banyak scammer di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Augusta Ibramhim dan Anda dapat menghubunginya melalui email: (augustaibramhim11 @ gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (juliasimon460@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. tolong dia satu-satunya orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  10. Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus