28 Agustus, 2009

Acian Putih TR30 - Acian Tips


Kualitas Plesteran
Aplikasi acian sangat tergantung dari kualitas plesteran.Kualitas plesteran yang baik akan menghasilkan acian yang baik pula. Plesteran harus rata dan halus sehingga akan menghemat bahan acian.

Jika pasir yang digunakan untuk plesteran mengandung lumpur terlalu tinggi, maka plesteran akan terjadi penyusutan yang tinggi sehingga plesteran akan terjadi retak.

Sebelum dilakukan acian plesteran harus kering dan tidak terjadi lagi penyusutan
Seharusnya acian dilakukan pada plesteran berumur 2-3 Minggu untuk dinding dalam sedangkan untuk dinding luar bisa lebih cepat (2 Minggu). Apabila acian terlalu cepat dilakukan maka dapat menimbulkan retak pada acian.

Jika dinding bata sangat basah pada saat dilakukan plesteran, maka air akan terperangkap sehingga diperlukan waktu lama untuk mengeluarkan air tersebut.

Membasahi Plesteran
Membasahi plesteran pada saat akan melakukan acian adalah penting, hal tersebut untuk menghindari agar acian (White Mortar) tidakterlalu cepat kering. Semen pada White Mortar sangat membutuhkan air untuk proses hidrasi. Jika acian terlalu cepat kering maka hasil acian akan lunak dan permukaan acian akan berdebu.

Apabila waktu yang dibutuhkan dari selesai penghamparan acian sampai acian dapat dipoles sekitar 20-30 menit maka kelembaban plesteran cukup. Tetapi apabila kurang dari 20 menit berarti plesteran terlalu kering dan apabila lebih dari 30 menit berarti plesteran terlalu lembab.

Tebal Acian
Tebal acian harus 1-3 mm. Jika kurang dari 1 mm akan mengering terlalu cepat. Apabila lapisan pertama kurang dari 1 mm maka sebelum lapis pertama tersebut kering harus dilakukan lapis berikutnya sampai minimal 1 mm.

Apabila pada plesteran banyak lubang maka satu hari sebelum dilakukan acian, lubang – lubang tersebut harus ditutup.

Apabila tebal acian lebih dari 3 mm, maka harus dilakukan dua lapis. Biarkan lapisan pertama kering selama beberapa hari baru dulakukan lapis berikutnya.

Jalur Pipa Listrik
Sebelum acian White Mortar dilakukan jalur pipa listrik harus ditutup terlebih dahulu dengan plesteran.
Komposisi campuran untuk plesteran dan untuk menutup jalur pipa listrik harus sama. Apabila tidak sama akan terjadi perbedaan pengeringan pada saat dilakukan acian, sehingga penyelesaiannya akan lebih sulit.

Kepala Plesteran
Komposisi campuran untuk kepala plesteran juga harus sama dengan plesteran sehingga waktu pengeringan pada saat dilakukan acian akan sama / merata.

Kolom Praktis
Antara kolom praktis dan dinding bata sering terjadi retak akibat berbagai gerakan dan penyusutan. Untuk menghidari hal tersebut bisa dibuat tali air antara kolom praktis dengan dinding bata atau dengan menambahkan lem putih pada adukan plesteran.

Komposisi Campuran
Perbandingan campuran acian White Mortar adalah 2-2,5 TR30 : 1 air (berdasarkan volume). Pencampuran dapat dilakukan dengan tangan atau mesin mixer. Pencampuran dengan mixer akan menghemat penggunaan air.
Campuran jangan terlalu encer seperti acian semen abu – abu karena akan mengakibatkan terjadinya susut dan hasilnya lebih lunak.

Lebih baik pencampuran dapat dilakukan dengan cara direndam seperti yang telah dilakukan beberapa tukang. Caranya isi ember dengan White Mortar s
ebanyak maksimal 3/4 ember, kemudian rendam ember yang telah terisi White Mortar tersebut, biarkan beberapa saat sampai gelembung udara dari ember tersebut tidak ada. Angkat ember tersebut kemudian tuangkan airnya dan adukan bisa digunakan.

Roskam
Sebaiknya menggun
akan roskam besi atau paralon untuk melakukan aplikasi acian White Mortar TR30 dan ketika setengah kering poles acian tersebut menggunakan styrofoam untuk mendapatkan permukaan halus.

Penggunaan roskam kayu akan membuat adukan lebih kental dan hasilnya kurang halus. Begitu juga apabila kantong semen digunakan untuk memoles hasilnya kurang bagus dan hasil acian kelihatan kotor.
Jaga peralatan dan ember agar tetap bersih dan tidak terkontaminasi aplikasi semen abu – abu.

Sudut Luar
Bagian sudut luar harus menggunakan profil logam atau plastik, tetapi hal ini tidak biasa digunakan di Indonesia. Bisa juga untuk sudut luar ditambahkan semen putih sebanyak 10-20 % untuk mendapatkan hasil lebih keras.

Untuk aplikasi acian dinding beton dan plafon beton dapat menggunakan White Mortar TR30 dengan menambahkan 2% (berdasarkan volume) lem putih. Lem putih tersebut untuk menambah kekuatan dan fleksibilitas.




Dinding Luar
Untuk dinding luar dapat menggunakan White Mortar TR30 tetapi aplikasinya harus lebih hati-hati harus dipastikan dinding dalam keadaan lembab.Pada saat aplikasi harus terlindung dari sinar matahari dengan menutup terpal. Hal tersebut agar acian tidak terlalu cepat kering.

Bagian atas permukaan dinding yang tidak tertutup atap dan dapat menyerap air hujan, permukaan acian harus dibuat sedikit miring sehingga air cepat mengalir. Dan tambahkan lem putih sebanyak 5 % pada White Mortar untuk aplikasi tersebut. Hal ini untuk memberikan daya tahan terhadap air. Untuk meningkatkan daya tahan terhadap air sebelum acian berumur 1 bulan dilakukan pengecatan minimal satu lapis.

Perbaikan Retak
Perbaikan keretakan dapat dilakukan dengan menggunakan White mortar TR30 dengan mencampur 5% lem putih. Retak rambut sering terjadi pada acian namun hal tersebut tidak akan muncul kembali setelah dilakukan pengecatan, kecuali retak tersebut diakibatkan retak struktural yang masih bergerak.

Pengecatan
Pengecatan dapat dilakukan setelah acian berumur 5 hari, dan apabila alkali maksimal PH = 9 dan kelembaban dinding maksimal 14%.

White Mortar TR30 sudah putih dan tidak memiliki masalah dengan alkali, berbeda dengan acian tradisional. Acian TR30 tidak perlu plamir atau cat dasar. Pengecatan cukup dilakukan dua lapis, cat yang berkualitas akan memberikan hasil yang baik.

28 komentar:

suhadi mengatakan...

sebetulnya saya sudah terlanjur jatuh cinta TR 30. saat ini.Saya punya pekerjaan di semarang rumah kost dan rumah tinggal didaerah semarang timur. tapi sayang sekali untuk mendapatkan TR 30 di daerah ini sulit sekali. banyak toko besi diwilayah ini , tapi semuanya tidak ada yang jual.Selama ini saya selalu beli dari kudus. Tentunya patut disayangkan,kalau TR30 sudah berupaya melakukan pelatihan tukang dll, tapi tidak dimbangi dengan distribusi barang yang merata. kiranya bag marketing harus control di semua wilayah agar TR 30 merata dan mudah didapat.

vyatta mengatakan...

sama dengan pak suhadi. saya ni juga lagi mbangun, namun sampek sat ini saya juga kehabisan mortar ini. dan ini sudah saya tunggu 15 hari belum juga datang. mungkin akan saya putuskan untuk memakai semen lainnya sebagai acian.


kira2 gimana ni tiga roda

ismail mengatakan...

Yth bapak vyatta
mohon maaf sebesar-besarnya apabila bapak menunggu sangat lama akan produk kami,
boleh saya tahu alamat bapak dimana ? atau bapak bisa menghubungi costumercare kami
di nomer 0800-10-37632 atau 021-25533555
agar kami bisa memproses/membantu bapak lebih cepat
Terima kasih

ismail mengatakan...

Yth bapak suhadi,
Memang betul penyebaran saat ini TR 30 masih belum terdistribusi dengan baik ke toko2
karena mungkin ada beberapa sedikit kendala oleh karena itu kami berusaha untuk
mengatasi kendala2 yang ada dan menambah tim marketing untuk membuat penyebaran produk TR 30
semakin merata,terima kasih atas masukannya dan sudah memakai produk TR 30

Unknown mengatakan...

kami ahli dlm pkerjaan skim coat untuk dinding pleter n beton siap melayani diseluruh indo bagi anda yg mmbutuhkn jasa kami hub 081227877298, 085750341008 bpk slamet pontianak terima ksh

Anonim mengatakan...

saya dari daerah belitung. saya tanya dgn distributor tigaroda si sini.jawaban distributor sidaerah belitung tdk ada yg pakai tr30. bukannya ga ada, tapi distributor tdk mempromosikan acian putih tr30. saya rasa kalau ada produknya disini pasti banyak yg mau pakai. karena rata rata rumah si daerah belitung jarang dinding diaci. jadi permukaan tidak rata.

ismail mengatakan...

yth anonim
Terima kasih atas masukan dan perhatiannya..memang untuk distribusi ke daerah banyak faktor yang menyebabkan penyebarannya produk tr 30 tidak merata,dalam hal ini kami berusaha menyiapkan beberapa program promosi/pelatihan untuk kontraktor di wilayah sana, apabila bapak berkenan memberikan contact number bapak agar kita bisa bertemu apabila saya berkunjung ke sana.terima kasih

Anonim mengatakan...

apakah penggunaan TR30 dicampur dengan semen tigaroda abu2, dengan perbandingan 1 : 1 untuk acian akan menjadikan lebih keras dan bagus ?

Anonim mengatakan...

tanya bos, saya pke TR30 pada acian pertama ternyata ketebalannya kurang, terus ketika acian 1 sudah kering saya timpa dengan acian lg, tp justru yang terjadi acian lapis kedua malah retak dan kopong, gmana solusinya apa bener harusnya acian 1 itu dioles lem dulu, klo memang harus dilem lem apa yang direkomendasikan, klo disini bos nda mau sebut merk lem disms aja nda apa2 ke 087887788728, trims

"j-rock_star" mengatakan...

Mf pak sy mau nanya..sy coba iseng mengaci sendiri,tpi sy lupa menghalusknnya dengan spon dn hsilnya sekarang kasar.tlg gmn mengatasinya agr hlus.trmksh tls sms jwbn 085726447628

Unknown mengatakan...

untuk wilayah kalimantan, pangkalan bun sudah ada distributornya pa belum?

Unknown mengatakan...

untuk wilayah kalimantan, pangkalan bun sudah ada distributornya pa belum?

Unknown mengatakan...

untuk wilayah kalimantan, pangkalan bun sudah ada distributornya pa belum?

Unknown mengatakan...

untuk wilayah kalimantan, pangkalan bun sudah ada distributornya pa belum?

Unknown mengatakan...

untuk wilayah kalimantan, pangkalan bun sudah ada distributornya pa belum?

baba mengatakan...

selamat pagi pak, saya mau membuat lantai semen ekspose.. aciannya tertarik dengan warna putih, mana yg kebih baik.. apakah diaci dengan semen putih portland atau dengan TR30? krn saya sempat baca bahwa tr30 tidak terlalu keras dan mudah tergores, sememntara untuk aplikasi lantai dibutuhkan yg keras.. ter7makasih sebelumnya..

ismail mengatakan...

Yth MTS darul hikam
untuk daerah pangkalan bun bapak bisa menghubungi distributor kami

PT. Banjar Kencana Sakti
Jl. Sutoyo S. No. 126, Banjarmasin
Kalimantan Selatan
Telp. 0511-3353179, 3353282, 3353475

dari mereka bapak akan diarahkan ke sub distributor terdekat dengan wilayah bapak, terima kasih


ismail mengatakan...

Yth Pak Baba,

Memang betul untuk pengacian lantai semen ekspose, sebaiknya bapak menggunakan semen portland murni bukan TR 30 Acian putih karena produk tersebut kita setting sebagai acian yang sifatnya lebih flexibel, bukan keras. ada beberapa tahap pengerjaan untuk aplikasi acian semen ekspose :
1. Sistim tabur ( pengerjaan seperti aplikasi floor hardener ) diaplikasikan diatas beton yang masih agak basah.
2. Sistim Aci, Aplikasi langsung diatas beton/floor screed yang sudah kering. Aplkasi ini sebaiknya ditambahkan lagi bonding agent / lem putih untuk menambahkan kekuatan.

untuk kedua sistem diatas kami sarankan penggunaan semen putih indocement ( satu-satunya produsen semen putih di Indonesia ) ditambahkan 15-20 % pasir halus untuk menambahkan flexibelitas lantai sehingga lebih kuat dan tidak mudah popping, terima kasih

baba mengatakan...

terimakasih atas penjelasanhya Pak Ismail, benar2 bermanfaat.. Sukses selalu untuk bapak

ismail mengatakan...

sama2 pak, sukses untuk bapak juga, apabila ada yang ditanyakan kembali dengan senang hati kami membantu bapak, terima kasih

irvan peasu mengatakan...

Nanya gan, ut acian dinding menggunakan TR30 apakah murni TR30 yg di pakai ngaci atau di campur dgn smen abu abu juga...? Klu di campur sebaikx berapa pembandingx?

Michael Bacon mengatakan...

TR-30 Acian Putih siap pakai. Tidak perlu campur dengan semen.

Fares mengatakan...

Maaf mau tanya apakakah untuk pengacian dinding luar yang sudah berumur 1 bulan lebih,untuk aplikasi bisa langsung di aci dengan menggunakan Semen TR30 langsung? atau ada campuran lain, dikarenakan disini saya susah mendapatkan STR30 tsb (subang-Jabar), dan dengan sabar saya menunggu dan akhirnya hari ini baru bisa saya dapatkan STR30. Tks

Michael Bacon mengatakan...

Bisa aplikasi TR-30 Acian Putih langsung ke plester dinding Luar. Tapi kalau tidak ada atap (pagar atau dinding buka ke hujan) lebih bagus campur dengan lem putih atau aditif tahan air. 1kg lem Putih ke 40kg TR-30 Acian Putih. Untuk dinding dibawah atap tidak perlu aditif tahan air.

Unknown mengatakan...

Apa acian abu abu bisa di timpa sama acian putih

Unknown mengatakan...

Numpang tanya apa bisa TR-30 dipakek untuk plafon,apa masih di campur dengan lem

Unknown mengatakan...

saya ingin membuat tembok semen ekspos..tapi tembok nya sudah terlanjur di plester halus dan di cat..apakah biaa di gunakan pada tembok yang sudah dicat plamir dan di cat?

Unknown mengatakan...

saya ingin membuat tembok semen ekspos..tapi tembok nya sudah terlanjur di plester halus dan di cat..apakah biaa di gunakan pada tembok yang sudah dicat plamir dan di cat?